Animasi dengan HTML5

Fisika dalam kehidupan sehari-hari dapat digunakan untuk menjelaskan segala hal dengan ilmiah. Apa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dapat dijelaskan karena hal-hal tersebut dapat terjadi berulang kali. Perulangan tersebut memberi gambaran atau informasi pada manusia untuk mencoba memberikan penjelasan atas hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Penjelasan yang telah dibuat mengenai peristiwa sehari-hari membantu orang lain untuk dapat ikut memahami bagaimana peristiwa itu bekerja. Selain itu penjelasan-penjelasan tersebut membantu ilmuwan untuk membuat model yang dapat dijadikan sebagai alat bantu bagi orang lain untuk belajar. Salah satu yang dapat digunakan adalah animasi yang dibuat sebagai model untuk menggantikan peristiwa sebenarnya.

Dalam pembelajaran fisika, pemodelan dengan bantuan animasi perlu dibuat untuk menggantikan peristiwa sebenarnya yang terjadi jauh dari ruang belajar. Akibatnya penggunaan animasi membantu masyarakat untuk belajar tentang hal yang diwakili dalam model tersebut. Namun animasi yang dibuat memerlukan alat bantu untuk membuatnya.

Animasi yang dibuat diharapkan tampil atau bekerja pada banyak alat sehingga pengguna dapat menggunakan apa saja untuk melihat animasi tersebut.  Browser merupakan sebuah aplikasi penjelajah internet yang tersedia hampir disemua alat. komunikasi. HTML5 merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dapat bekerja dengan bantuan browser. Pemrograman HTML5 dapat digunakan untuk membantu membuat animasi. Dengan memanfaatkan HTML5, animasi yang dibuat dapat bekerja dan dilihat di banian alat komunikasi.

Salah satu pembuat halaman belajar HTML5, yaitu Daniel V. Schroeder, telah menyediakan latihan untuk membuat animasi dengan bantuan HTML5. Contoh yang disediakan adalah Percobaan Newton tentang gerak parabola. Silakan akses disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *